Kamis, 29 September 2011

Islam dalam K-drama

Sudah diketahui umum bahwa mayoritas penduduk Kor-Sel menganut ajaran Budha dan agama Islam adalah minoritas yang hampir tidak dikenal di Kor-Sel. Tetapi sebuah kejutan besar bagiku bahwa ternyata dalam dua (2) drama korea terbaru, yaitu Scent of a Woman dan Protect The Boss.
Scent of a Woman tayang di SBS, 23 Juli 2011 - 11 Sept 2011 dan cerita tentang Islam tayang di episode pertama drama ini melalui tokoh Andy Wilson, seorang pianis Kor-Sel yg beragama Islam. Dalam drama ini Islam dikenalkan melalui makanan, yaitu sebagai agama yang penganutnya dilarang makan makanan yang mengandung babi dan hanya makan makanan (daging) yang disembelih secara halal. Aku suka bagian ini, karena menurutku ini termasuk pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh masyarakat umum (non-muslim). Di episode ini juga diceritakan tentang bagaimanakah memperoleh daging yang halal dari cara penangkapan ayam (dalam drama ini hewan yang dicontohkan adalah ayam), penyembelihan hingga pengemasan yang mempunyai sertifikat halal.
Sedangkan dalam drama Protect The Boss, Islam disinggung di episode 2 saat menunjukkan pemeran utama wanita drama ini telah berdoa dalam berbagai agama. Sebenarnya aku tidak suka pencitraan Islam di drama ini, karena sebenarnya berdoa, yang dalam drama ini adalah sholat, tidak dapat dilakukan oleh sembarangan orang (non-muslim). Dari dua drama tersebut, aku lebih suka pengenalan tentang Islam di drama Scent of a Woman. Selain durasinya yg lebih lama, cara penyampaiannya pun mudah dipahami. Tapi secara keseluruhan aku cukup senang Islam mulai dikenal di negeri Ginseng ini,, credit: - www.pelangidrama.net - www.kimchidramas.net

2 komentar:

  1. Baru tahu aku .. Semoga ada perkembangan lebih lanjut yaa di drama korea mengenai islam tp bukan sebagai pencitraan .

    BalasHapus