Rabu, 28 Maret 2012

Makanan Korea Menyentuh Hatiku (3 makanan Korea ingin aku coba)


Makanan Korea!!!!!!!!

Darimana datangnya cinta, dari mata turun ke hati. Mungkin pepatah itu yang sering kita dengar, tapi menurutku ada lagi, yaitu cinta datang berasal dari perut! Seorang lelaki jatuh cinta pada wanita bukan karena kecantikannya tapi karena kepandaiannya memasak. Seorang anak sejauh apapun dia pergi pasti selalu merindukan masakan ibu. Begitupula menurutku, mengenal Negara dan kebudayaannya selalu saja diawali dengan makanannya. Jika kau menyukai makanannya, maka kau akan jatuh cinta pula pada negaranya.
makan rame-rame

icip-icip
Pertama kali aku merasa benar-benar menyukai makanan Korea adalah ketika teman koreaku memasakkan makanan Korea, aku menyukainya bukan pada rasa Kimchi yg saat itu sangatlah asin, tapi pada ketulusan temanku membuatnya untuk kami. Sejak itu aku selalu menginginkan untuk mencoba makanan Korea langsung di Korea sendiri. Makanan yg pengen aku coba adalah, Bulgogi, Kimbab dan tentu saja Kimchi!
Oh ya,,,selain pengen coba makan, aku juga pengen belajar membuat makan tersebut juga loooh,,,,
Yang pertama ingin aku coba adalah Kimchi. Mengapa Kimchi? Kareana selain merupakan makanan khas
Kimchi

Korea yg paling popular, Kimchi inilah yg membuatku jatuh cinta dg rasa asin buatan temanku itu~hehehehe. Aku belum mengetahui rasa sesungguhnya Kimchi, tapi dari yg aku baca di beberapa artikel dan yg aku rasakan dr buatan temanku, kimchi mempunyai rasa asam dan pedas. Hmmmm,,,walaupun aku orang jawa, aku menyukai rasa asam dan pedas, favoritku adalah lemon tea, permen asem (permen jaman dulu) & makanan tanpa cabai/sambal rasanya serasa hambar. Sampai saat ini aku hanya bisa membayangkan dan melihat foto Kimchi, bagaimana warna kimchi yg merah pasti akan yummy,,,,dan rasa asam yg membuat air liurku menetes saat menulis ini ( lebay mode on J ). Di blog ini aku juga pernah menuliskan resep Kimchi, tapi aku belum pernah mencobanya, karena aku tak yakin dengan bahan-bahan dan cuaca di Indonesia akan menghasilkan Kimchi yg sama seperti di Korea. Setiap aku melihat drama Korea, pasti ada adegan  membuat Kimchi. Aku ingin mengalami bagaimana di bawah sinar matahari langsung tanganku sendiri melumuri berbagai sayuran dengan bumbu yg berwarna merah ditemani oleh ibu atau mertua yg mengajariku. Ah,,,,,,aku hanya bisa membayangkannya…..

Bulgogi Sapi buatanku^^

Bulgogi dengan nasi ala Yanti^^
Setelah Kimchi,,,yg aku pengen coba adalah Bulgogi. Kali ini aku pernah memasak sendiri Bulgogi saat Idhul Adha kemarin, dan ada juga postingan resep Bulgogi di blog ini. Resepnya aku dapat dari internet, dengan (sok tau) aku modifikasi sendiri, alhasil, rasanya tetap saja seperti masakan Indonesia~bwahahahaha! Karena itulah, aku ingin ke Korea merasakan langsung rasa dan bagaimana membuat rasa Bulgogi yg sebenarnya. Dan lagi aku tertarik dengan Bulgogi melalui drama Korea ^^. Meskipun aku suka rasa asam dan pedas, tetap saja aku suka makanan yg ada manisnya.
Kimbab

Yang terakhir tapi bukan yg terakhir yg pengen aku coba adalah Kimbab. Makanan ini sudah pernah aku cicipi sekali, tapi belum pernah aku coba masak, tapi aku pengen mencoba untuk membuatnya. Lagi-lagi alasannya adalah karena aku pengen dengan cara makan orang korea di drama. Mereka makan seiris kimbab dengan satu lahapan. Walaupun dengan mulut penuh, tapi kelihatannya enak. Selain itu Kimbab juga praktis untuk bekal, karena aku suka makanan bekal daripada jajan diluar. Apalagi jika bekal/ kimbab itu dibuat oleh orang yg mencintai kita.

Tentunya makanan Korea bukan hanya 3 itu yg ingin aku cicipi, kebanyakan aku sendiri tidak tau namanya. Mereka seperti kue beras seperti yg ada saat Chuseok, ada juga jajanan yg sering ada di pinggir jalan, minuman berwarna coklat yg rasanya seperti beras, ttokboki dan masih banyak lagi. YUpz,,,pada dasarnya aku memang suka makan,,dan aku ingin mengenal Korea Selatan berdasarkan makanan, karena dari makanan aku bisa mengenal karakter dari kebudayaan masyarakat suatu daerah/bangsa.


source: 
 http://korean-kimchi.blogspot.com/2011/12/bulgogi-ala-chef-yanti.html
http://korean-kimchi.blogspot.com/2011/03/resep-kimchi.html

3 komentar:

  1. wah mbak Yanti bisa masak bulgogi nih, enak ya keliatannya, rasanya kayak gimana mbak? Lagi ikutan lomba blog Touch Korea Tour ya mbak, semoga menang dan bisa icip-icip masakan Korea lagi ya mbak, hehehe

    blogwalking ya dari http://review-newgadget.blogspot.com/ mohon kunjung dan follow balik ya ke blog saya, thanks :)

    BalasHapus
  2. pernah masak bulgogi sih, tapi belum tau rasanya dah mirip apa belum dengan yg aslinya,,makanya aq ikutan lomba ini, biar bisa nyicip bulgogi yg sesungguhnya~hehehe~

    btw,,,makasih looh dah jadi followerQ yg pertama^___________________^

    BalasHapus
  3. annyeong chingu...
    follow blog aku jga yaahh,,
    baru buat niiihh :)
    mohon bantuannya juga
    bangapta ^^

    BalasHapus