Minggu, 03 Juni 2012

Pelajaran 13 (belajar membuat kalimat)


~() (Saat, sewaktu, ketika)
저녁을 먹을 엄마가 왔다.
1.       Saat cuaca bagus, saya akan pergi ke rumah teman

2.       Saat saya ada waktu, sering mendengar musik.

3.       Jika sakit, harus minum obat.

그러면 à ~() jika (demikian)
1.       Jika lapar, makanlah roti.

2.       Hari ini tidak ada waktu, jika demikian kapan ada waktu?

3.       Jika film itu menarik, saya akan menontonnya
.
~()면서 sambil
~()면서 à utk kata benda
1.       Saya menonton televisi  sambil minum kopi

2.       Anak itu menangis sambil bicara

3.       Dia pegawai bank sekaligus ibu rumah tangga.

~()니까 karena….jadi….
1.       Ingin berenang, jadi pergi ke pantai.

2.       Karena tidak ada waktu, mari cepat pergi.

3.       Karena ujian, mari matikan ponsel.

~지만 tetapi
1.       Saya pergi ke rumah teman, tetapi dia sedang pergi.

2.       Dia orang Korea, tetapi pintar bahasa Korea.

3.       Saya ingin membeli mobil, tetapi tidak punya uang.


~(//) kemudian
1.       Saya meminjam novel di perpustakaan, kemudian membacanya dirumah.

2.       Ibu pergi kepasar, kemudian membeli apel.

3.       Adik menulis surat kemudian mengirimnya untuk teman-temannya.


~yang~
1.       Uang yang telah saya terima kemarin ada diatas meja.

2.       Orang yang sedang memasak adalah ibu kami.

3.       Wanita yang akan menikah minggu depan datang ke rumah kami.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar