Rabu, 04 Januari 2012

Scone Rempah ( bread )


SCONE
Scone adalah salah satu roti yg sangat popular di Inggris, Kanada, Australia dan Belgia. Biasanya roti ini disajikan untuk sarapan pagi atau kudapan sore hari dengan the atau kopi. Di setiap Negara pun mempunyai variasi yg berbeda-beda. Dan resep yang akan aku tulis ini adalah scone dengan variasi rempah yang resep dasarnya aku ambil dari tabloid Nova edisi 1240/XXIV.

BAHAN: 

Bahan Tepung:
250 gr tepung terigu serbaguna (aku menggunakan tepung “segitiga”)
50 gr tepung gandum (aku menggantinya dg oatmeal)
2 sdt baking powder
Bahan:
100 gr mentega tawar beku, dingin, cincang kasar
1 butir telur
1 butir kuning telur
1 sdt garam (bisa dikurangi, krn yg aku buat rasanya asin)
50 gr gula pasir
90 ml susu cair (bisa coklat ataupun putih, tapi aku menggunakan susu coklat)
Olesan:
1 butir telur (tapi aku hanya menggunakan putih telurnya saja coz memanfaatkan putih telur dari sisa untuk bahan)
Taburan:
Kayu Manis, secukupnya
Wijen, secukupnya

Cara Membuat:

1.       Campurkan bahan tepung dan mentega dengan garpu hingga terbentuk adonan yang berpasir. Sisihkan.

2.       Kocok semua telur dan gula pasir dengan kocokan tangan hingga mengembang. Tuangkan susu, aduk rata. 

3.       Tuang ke dalam campuran tepung dan mentega, aduk rata.

4.       Bentuk adonan menjadi bulatan lalu pipihkan. Oleskan putih telur diatasnya, taburi dengan kayu manis dan wijen.

5.       Panggang dalam oven panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan.

18-20 buah,,,


* dan,,,menurut aku sendiri nih,,,hasil buatanku ini lumayan lah,,,walo rasanya agak asin~kkkk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar